10 Tips for Successful Bootstrapping BY Guy Kawasaki
1. Focus on cash flow, not profitability. Menurut teori keuntungan kunci untuk dapat mempertahankan perusahaan . tapi kenyataan tidak seperti itu. Kita tidak bisa membayar tagihan dengan teori tapi dengan uang tunai. Jadi fokus pada dana tunai yang kita miliki. Perputaran uang yang ada. Bagaima kita bisa menjual dengan tunai, membayar tagihan dengan berjangka. Sehingga kita bisa memutar uang kita. Misalnya : Kalau kita menjual dan dibayar belakangan bagaimana kita harus bisa menagih tepat waktu atau akan lebih baik kalau kita bisa menjual dengan tunai. Dan mengusahan agar kita bisa membayar tagihan dengan sistem pembayaran yang lebih 30 hari.
2. Forecast from the bottom up. Disini dicontohkan misalnya bila kita mempunyai produk atau event dan kita bekerja sama dengan provider telkomsel atau xl untuk menyebarkan informasi ke pengguna tersebut berapa banyak yang akan bisa diraih. Contonya: sekarang ini sedang terjadi persaingan antara LINE dan KAKAO Talk. Mereka bekerja sama dengan google play untuk promosinya.
3. Ship, then test. Sebelum memasarkan sebuah produk atau barang bagaimana kamu bisa membuat barang itu menjadi yang terbaik. Sehingga pembeli itu benar-benar menyukai. Contoh. Samsung pertama kali mengeluarkan Galaxy tab 10 dan melaunching. Produk ini laku laris manis dan dari hasil penjualan itu mereka tahu kalau Galaxy tab ini terlalu tebal dan layarnya kurang sempurna. Lalu mereka mengeluarkan Galaxy tabs 7 yang lebih tipis dengan layar yg bagus. Lalu ada yg bilang terlalu besar, lalu merek mengeluarkan Galaxy note yg lebih nyaman dipegang.
4. Forget the "proven" team. Merekrut karyawan yang sudah berpengalaman tentu memerlukan biaya yang tinggi. Jadi sebaiknya merekrutt karyawan muda, tidak mahal, orang ambisi untuk maju, tidak perlu yang terlalu mengerti karena kita bisa mengajarinya.
5. Start as a service business. Disini maksudnya kita memulai dengan sebuah jasa. Misalnya: Kita memulai usaha menjahitkan pakaian, lalu kita jadi perusahaan konfeksi seragam sekolah, pakaian satpam, pakian seragam kantor dll.
6. Focus on function, not form. fokus pada fungsi bukan bentuknya. Banyak orang yang memulai kantor ingin terlihat mewah dengan membeli peralatan kantor yang mahal dan hanya karena bentuknya yang indah bukan fungsinya. Misal: beli Meja tulis dari kayu jati yang harganya jutaan padahal fungsinya hanya untuk menulis dan bekerja yang bisa diganti dengan yang murah seperti olympic.
7. Understaff. Banyak pengusaha yang merekrut banyak karyawan padahal tidak terlalu membutuhkan. Jadi sebaiknya memaksimalkan karyawan dan pekerjaan yang ada.
8. Go direct. Adalah menjual langsung ke pembeli seperti menggunakan saja penjualan online.
9. Position against the leader. Melawan posisi nomer satu dengan harga yang lebih murah. Misalnya handphone HTC yang sekarang mencoba mengalahkan Samsung dan Samsung sendiri sudah mengalahkan Ipad punya Apple yang pertama kali mengeluarkan pad..
BY bu Poedjiati tan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar