Sabtu, 27 Juli 2013

ANTARA PENGUSAHA DAN ENTREPRENEUR


Untuk mengisi malem minggu , biasanya ada kuliah sampe jam 1 malam nah mumpung jam kosong ada kesempatan untuk bertanya - tanya ke eyang google nich,,,,, klu bingung ya tanya siapa lagi ,sekarang kita simak ya ,,,!! ANTARA PENGUSAHA & ENTREPRENUR pasti ada perbedaan .

Setiap orang umunya menganggap pengusaha dan entreprenenur itu sama. Mereka bingung untuk membedakan satu dengan lainnya. Sekilas memang perbedaan itu tidak penting. Saat coba untuk berbagi mengenai makna di balik arti dari Pengusaha dan Entrepreneur.

Dari sisi pengertian keduanya adalah sama, dimana seseorang yang berusaha untuk menignkatkan nilai guna suatu barang, berinovasi, membuat ataupun menjual bisa dikategorikan sebagai Pengusaha ataupun Entrepreneur. Pengertian ini lazim kita dengar setiap hari. Terkadang sebagian dari kita berpendapat adalah pengusaha merupakan orang yang memeiliki perusahaan besar dengan penghasilan berlimpah. Sedangkan Entrepreneur adalah orang yang memiliki usaha kecil, kreatif atau bisa dikatergorikan menengah. Ternyata pengertian kedua ini adalah salah.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan dari kedua makna Pengusaha dan Entrepreneur, berikut kutipan dari salah satu pengejar School of Business Management Intitut Teknologi Bandung (SBM ITB). Beliau lebih di kenal dengan nama Dwi Larso, Phd (Pak DL). Dalam pengertiannya, Pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis baik skala besar maupun kecil tetapi tidak semua pengusaha tersebut memiliki jiwa Entrepreneur. Sendangkan seorang Entrepreneur sudah pasti berjiwa pengusaha. Karena pengertian Entrepreneur adalah orang yang bisa memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya ataupun orang yang secara terpaksa terjun ke dalam suatu bisnis. Dengan kata lain, apabila kita memiliki jiwa Entrepreneur sudah pasti usaha yang nanti akan kita jalani bisa berjalan dengan panjang dan terus bertahan.

Entrepreneur seperti yang disebutkan sebelumnya memiliki cirri terpaksa dan pandai melihat peluang. Terpaksa berarti orang tersebut menjalankan suatu bisnis karena tidak ada pilihat pekerjaan lain. Mereka umunya yang telah berputus asa dengan keterpaksaan. Oelah karena itu mereka berusaha mencukupi hidup dengan berbisnis. Sedangkan Peluang berarti seorang yang akan berbisnis karena melihat adanya kebutuhan/peluang dari usaha yang dijalankan. Jadi mereka bukan orang-orang yang berputus asa memilih bisnis sebagai usaha terakhir dalam hidupnya.

Dapat disimpulkan bahwa untuk berbisnis maka dibutuhkan jiwa Entrepreneur, karena jiwa pengusaha saja tidak cukup. Pantang menyerah dan mampu bangkit dari keterpurukan adalah bagian dari kekuatan seorang Entrepreneur untuk bisa bersaing dan terus membuat bisnisnya merajai pasar yang ada.

Mr saw beserta keluarga
Seorang Entreprenur


Pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis baik skala besar maupun kecil tetapi tidak semua pengusaha tersebut memiliki jiwa Entrepreneur. Sendangkan seorang Entrepreneur sudah pasti berjiwa pengusaha. Karena pengertian Entrepreneur adalah orang yang bisa memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya ataupun orang yang secara terpaksa terjun ke dalam suatu bisnis. Dengan kata lain, apabila kita memiliki jiwa Entrepreneur sudah pasti usaha yang nanti akan kita jalani bisa berjalan dengan panjang dan terus bertahan.
Menurut ayuk  seorang pengusaha blum tentu memiliki jiwa Entreprenur , nah klu Seorang Entreprenur sudah pasti berjiwa pengusaha karena pengertian Entreprenur adalah orang yg bisa memenfaatkan peluang dari setiap bisnisnya dengan kata lain memiliki jiwa entreprenur sudah pasti usaha yg nanti kita jalnkan akan bisa berjalan panjang dan terus bertahan , Jadi menurut ayuk penjual martabak itu seorang pengusaha yg memiliki bisnis baik sl
Kala kecil maupun besar yg mengembangkan inovasi ,

Semoga bermanfaat
Salam Entreprenur  " ayu rahayu "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar